Selasa, 29 Mei 2012

Pemanfaatan Media Internet Dalam Meningkatkan Pemahaman Grammar


Pemanfaatan Media Internet Dalam Meningkatkan Pemahaman Grammar

LATAR BELAKANG
Di era globalisasi ini teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Salah satunya adalah kehaadiran internet yang mampu memberi kemudahan dalam dunia pendidikan, hal ini terlihat dengan begitu banyaknya situs web yang menyediakan media pembelajaran yang semakin interaktif serta mudah untuk dipelajari. Di internet terdapat banyak bahan-bahan pengajaran yang bisa diakses berbagai kalangan, seperti mempelajari grammar bahasa inggris dengan menggunakan media internet.
TUJUAN DAN MANFAAT
Tujuan dari penulisan paper ini adalah untuk membantu para pembaca agar lebih tertarik untuk belajar grammar tanpa diselimuti rasa takut. Selain itu dengan adanya media pembelajaran internet, diharapkan pembaca biasa mengakses materi grammar melalui internet dimanapun mereka berada.
PENTINGNYA BELAJAR GRAMMAR
Belajar Grammar atau tata Bahasa Inggris merupakan sebuah bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam belajar bahasa Inggris.  Meskipun ada orang yang mengatakan dia mampu berbahasa inggris dengan intonasi yang bagus dan dapat dimengerti oleh orang lain belum tentu penggunaan grammarnya benar. Oleh karena itu, Grammar merupakan salah satu skill dalam bahasa inggris yang sangat penting untuk kita pelajari.

Internet sebagai Sumber Bahan Pengajaran
Ruang Lingkup
          Internet memiliki cakupan yang sangat luas. Sebagai perpustakaan virtual internet menawarkan  jangkauan materi yang yang luar biasa sehingga dapat diakses dimanapun kita berada. Sekarang ini, terjadi pertumbuhan jumlah materi yang dirancang untuk pembelajaran bahasa inggris, khususnya grammar.
Topikalitas
          Materi yang ditawarkan senantiasa di update. Semua orang dapat memperoleh informasi dari terbitan manapun tanpa harus membeli, bahkan materi yang tidak tersedia dalam bentuk cetakpun ada.
Personalisasi
          Buku yang dipakai sekolah seringkali tidak sesuai dengan kebutuhan siswa. Internet membantu melakukan tugas ini. Materi disajikan sesuai dengan tingkat kesulitan dan pembelajaran dapat menyesuaikan sesuai dengan kemampuan mereka.

Internet dan peningkatan pembelajaran grammar
Sekarang terjadi peningkataan yang cukup tajam dalam perkembangan fasilitas internet. Hal ini didukung kuat dengan oleh perkembangan dunia komputer dan juga tuntutan para pengguna untuk mendapatkan aplikasi yang lebih inovatif dalam teknologi. Dengan demikian pembelajaran dapat diarahkan agar memanfaatkan internet untuk mengasah kemampuan grammar mereka. Berikut ini contoh-contoh situs yang menyediakan latihan grammar

Peranan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Grammar) Melalui Internet
Berkembangnya teknologi membuat media belajar lebih modern. Kalau sebelumnya guru masih menggunakan alat peraga tradisional seperti flashcard, kini mereka telah terlihat lebih canggih dengan bantuan program komputer. Digitalisasi menuntut guru memiliki dua kemampuan sekaligus, yakni segi kemampuan pedagogi dan kemampuan berimprovisasi dengan alat teknologi informasi (TI).
  SIMPULAN DAN SARAN
Banyak siswa yang takut atau tidak suka pelajaran Bahasa Inggris yang  disebabkan oleh grammar yang menurut mereka sangat sulit untuk diingat dan digunakan dalam memulai sebuah percakapan.Dengan adanya media internet setiap orang yang ingin belajar grammar akan semakin dibantu.
Hendaknya para pengajar lebih meningkatkan keterampilan mereka dalam penguasaan internet agar bisa mencari bahan – bahan pengajaran yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan para siswanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India